Sukses

Sepanjang 2013, Mabes Polri Klaim Tuntaskan 700 Kasus Korupsi

Kendati dikritik lamban dalam penanganan kasus korupsi, Mabes Polri mengklaim sudah menyelesaikan 700 kasus sepanjang tahun ini.

Meski banyak pihak mengkritisi lambatnya penanganan korupsi oleh kepolisian, Mabes Polri mengklaim telah menyelesaikan ratusan perkara tindak pidana korupsi. Sejak awal 2013, ada 1.000 perkara dan hingga September akhir telah diselesaikan 700 perkara.

"Lebih dari 600 perkara yang kita tuntaskan dari 1.000 lebih tahun ini. Akhir September kemarin sekitar 700 kasus," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Agus Rianto, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Agus mengaku, meski penanganan kasus korupsi dinilai mandek, Polri tetap menyampaikan terima kasihnya atas kritikan tersebut. "Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih pada siapa pun, semua komponen bangsa ini, termasuk yang mengkritisi kinerja Polri," imbuhnya.

Terkait adanya wacana pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) di bawah komando Komjen Pol Sutarman, Polri menyambut baik usulan itu. Pihaknya pun akan menindak lanjuti usulan tersebut.

"Kita lihat nanti seperti apa, kan itu usulan beliau-beliau di parlemen. Tentunya kita lihat lagi mekanismenya. Akan dibahas lebih lanjut melalui tim, yang mungkin akan ditindaklanjuti," kata Agus.

Seperti diketahui, saat uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di DPR, anggota Komisi III dari Fraksi PPP, Ahmad Yani, mengusulkan agar Kapolri terpilih membentuk satuan Densus Antikorupsi. Calon tunggal Kapolri, Komjen Pol Sutarman, menilai usulan itu sangat bagus. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini