Sukses

Jokowi Cek Layanan KJS di RSUD Pasar Rebo

Mantan Walikota Solo itu juga melihat proses pelayanan di loket layanan KJS serta bertanya kepada beberapa pasien.

Jokowi mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, Jakarta Timur. Menggunakan busana tradisional Betawi, sadariah, kedatangan Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo itu untuk mengevaluasi pelayanan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Jokowi menyempatkan diri mengecek kamar rawat inap pasien kelas III di lantai 4 yang sekarang telah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Mantan Walikota Solo itu juga melihat proses pelayanan di loket layanan KJS serta bertanya kepada beberapa pasien.

"Saya kira hampir 95 persen mengatakan tidak ada masalah. Kalau obat yang tidak masuk daftar ya memang harus bayar," ujar Jokowi di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (18/10/2013).

Jokowi menekankan lagi bahwa pelayanan kesehatan saat ini sudah mulai dipermudah. Jumlah pasien KJS turun sekitar 200-300 pasien sehari dibanding pada awal tahun yang membludak hinnga 1.400 pasien KJS.

Khusus di RSUD Pasar Rebo, dilakukan penambahan luas ruangan dengan mengganti ruang operasi menjadi kamar inap kelas III dengan 76 tempat tidur. Sehingga total tempat tidur menjadi 260 unit.

"Pokoknya kekurangan-kekurangan di lapangan selalu diperintahkan untuk diselesaikan. Pembenahan-pembenahan terus kejar-kejaran dengan pasien yang membludak terus. Tapi sudah normal. Rame tapi normal enggak kayak dulu," ujar pria peraih Bung Hatta Anti-Corruption Award tahun 2010 ini.

Jokowi juga mengklaim pembayaran KJS dari rumah sakit sudah beres. Dari 3 rumah sakit yaitu RSUD Pasar Rebo, RS Kodam, RSUD Tarakan, yang ia cek, sudah tidak memiliki masalah terhadap klaim pembayaran. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.