Sukses

Pesohor yang Pernah Foto Bareng Bunda Putri, Siapa Saja?

Ada beberapa pejabat yang pernah berfoto bersama Bunda Putri. Ada yang membantah, ada yang terdiam.

Sosok Bunda Putri tengah menjadi perbincangan hangat setelah namanya disebut mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI), terdakwa kasus suap pengadaan impor daging sapi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Bahkan LHI menyebut Bunda Putri sebagai orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Nama Bunda Putri makin melejit saat SBY menanggapi kesaksian Lutfhi. Dengan muka merah padam, Presiden ke-6 RI itu menegaskan dirinya tak tahu dan tak mengenal Bunda Putri.

"Saya tidak tahu, saya tidak kenal, dan tidak ada kaitannya dengan saya. Kalau saya mengatakan saya tidak tahu, kalau ada orang yang mengatakan SBY sebagai presiden perangkat presiden pasti tahu. Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet pasti tahu, Sekretaris Pribadi pasti tahu. Sebab kalau berhubungan dengan saya, atau ingin bertemu saya, atau menelpon saya, kirim surat ke saya, pasti melewati sistem. Sudah saya cek semua, tidak ada satu pun yang tahu," tegas SBY, Kamis 10 Oktober 2013 malam lalu.

Pada Kamis 10 Oktober siang, Luthfi menyebut Bunda Putri sebagai orang dekat SBY. "Benar saya berangkat ke Bunda Putri. Karena Bunda Putri ini adalah orang yang dekat dengan SBY. Kami bertemu untuk membicarakan kebijakan reshuffle," tutur Luthfi.

Kini ada beberapa pejabat yang pernah berfoto bersama Bunda Putri, siapa saja? Berikut foto-fotonya, seperti Liputan6.com kutip dari Seruu.com, Jumat (18/10/2013).



1. Andi Mallarangeng

Dalam foto pertama terlihat Bunda Putri foto bersama Andi Mallarangeng bersama keluarganya. Andi yang tampak mengenakan batik tepat berada di sebelah Bunda Putri yang menyenderkan kepalanya ke mantan juru bicara Presiden SBY itu.

Pada foto tersebut juga terlihat anak dan istri Andi Mallarangeng, pria yang kini ditahan KPK atas kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Hambalang.



2. Agum Gumelar

Di foto kedua, terlihat Bunda Putri berfoto bersama mantan Menteri Perhubungan Agum Gumelar. Dalam foto terlihat, Agum mengenakan kemeja biru di samping Bunda Putri.

Selain itu, ada 2 pria lain yang berada di antara Agum yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Kordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Bunda Putri.


3. Faisal Basri

Selain Andi Mallarangeng dan Agum Gumelar, politisi dan ekonom Faisal Basri juga pernah berfoto bersama Bunda Putri.

Dalam foto, pria yang pernah mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen ini terlihat duduk di samping Bunda Putri. Faisal Basri mengenakan baju batik, sedangkan Bunda Putri mengenakan jas hitam.



4. Sutiyoso

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso juga pernah berfoto bareng Bunda Putri. Pria yang akrab disapa Bang Yos itu terlihat duduk santai di depan Bunda Putri yang tengah tersenyum.

Dalam foto itu, Bang Yos yang juga Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini mengenakan baju kaos sejenis polo, sedangkan Bunda Putri mengenakan kemeja hitam putih.



5. Hilmi Aminuddin

Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun pernah berfoto bareng Bunda Putri. Dalam foto, 'sesepuh' PKS itu tampak tersenyum lebar memakai peci putih dan jaket kulit hitam.

Sementara Bunda Putri mengenakan kemeja santai berwarna abu-abu dengan leher dibalut pasmina kombinasi kuning dan hitam. Dalam keterangan di persidangan, Luthfi Hasan Ishaaq mengaku kenal Bunda Putri karena dikenalkan Hilmi.



6. Gita Wirjawan

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga terlihat berfoto dengan Bunda Putri. Dalam foto, Bunda Putri tampak memakaikan sejenis lencana kepada Gita.

Dalam foto itu, Bunda Putri memakai kemeja putih dan Gita mengenakan kemeja biru tua. Gita mengaku tidak kenal Bunda Putri. Menurutnya, foto itu diduga saat acara ormas Barindo.



7. Tuti Iswari

Terakhir, Adik Wakil Presiden Boediono, Tuti Iswari yang terlihat bersama Bunda Putri dalam sebuah foto. Dalam gambar terlihat Tuti yang mengenakan jilbab putih berfoto akrab dengan Bunda Putri yang mengenakan kacamata.

Tuti Iswari mengaku mengenal Bunda Putri yang namanya disebut-sebut dalam persidangan kasus suap pembahasan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Pengakuan itu disampaikan saat Tuti melakukan klarifikasi soal keterlibatannya dalam kasus suap tersebut.

"Saya memang adik kandung Wapres Boediono dan saya memang mengenal Bunda Putri yang namanya sering disebut soal impor daging sapi," kata Tuti Iswari kepada pers di Jakarta Jumat 4 Oktober 2013 lalu. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.