Sukses

Calon Kapolri Pastikan Gatot Ditahan Tak Terkait Audit Polri

Menurut Sutarman, penetapan Gatot sebagai tersangka dan otak pelaku pembunuhan Holly Angela adalah murni tindakan kriminal.

Auditor Utama BPK Gatot Supiartono ditahan dalam kasus pembunuhan Holly Angela. Namun, Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman membantah penahanan itu akibat kerasnya Gatot dalam mengaudit keuangan Polri.

Menurut calon tunggal Kapolri itu, penetapan Gatot sebagai tersangka dan otak pelaku pembunuhan istri sirinya itu adalah murni tindakan kriminal. Bahkan, pembunuhan tersebut merupakan pembunuhan berencana.

"Terkait kasus tersangka auditor BPK. Jadi ini adalah murni kriminal dan itu berdasarkan keterangan saksi saksi dan bukti-bukti yang ada," tegas Sutarman di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Hal tersebut diungkapkan Sutarman menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo saat fit and proper test calon Kapolri.

Sebelumnya Bambang mengatakan, kasus pembunuhan Holly yang menjerat auditor BPK, Gatot Supiartono sebagai tersangka terkesan mirip dengan kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain yang menjerat mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Menurut informasi yang didengar Bambang, Gatot cukup keras dalam mengaudit keuangan Polri.

"Saya mendengar gatot agak keras dan tidak kompromi dalam audit," ujarnya.

Bambang berharap Sutarman bisa memastikan bahwa proses penyidikan kasus pembunuhan Holly murni kriminal tanpa motif politik. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.