Sukses

[VIDEO] Jatuh Bangun Jokowi Tertibkan PKL

Tidak semua upaya Jokowi merelokasi para PKL berjalan dengan mulus.

Dalam setahun masa kepemimpinannya, Jokowi berhasil menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang bertahun-tahun telah membuat macet kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Para PKL dia pindahkan ke Blok G Pasar Tanah Abang agar tidak berjualan di bahu jalan dan menjadi biang macet.

Diberitakan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (17/10/2013), tempo dulu, kemacetan selalu terjadi di sekitar Pasar Tanah Abang. Terutama menjelang bulan puasa hingga Lebaran. Namun sekarang, kendaraan bisa melaju dengan lancar. Jika biasanya membutuhkan waktu berjam-jam, kini cukup beberapa menit saja.

Para pedagang kini tidak lagi berjualan di badan jalan setelah Gubernur DKI Jakarta yang bernama lengkap Joko Widodo berhasil memindahkan para pedagang ke ratusan kios pasar Blok G. Tidak berhenti di sana, beragam cara juga dilakukan agar Pasar Blok G menjadi ramai sehingga pedagang tidak kembali ke jalan. Berkali-kali Jokowi juga datang mengontrol pasar, bahkan ikut berbelanja.

Namun tidak semua upaya Pemda DKI memindahkan PKL dari jalan ke pasar berjalan mulus. Seperti PKL di sekitar Jalan Pasar Gembrong. Di tempat baru mereka mengeluh, tempat berjualan sepi, sehingga omzet mereka jauh menurun dibanding saat berdagang di pinggir jalan.

Jokowi dinilai berhasil membuat perubahan, namun kritik juga dilontarkan pengamat perkotaan Nirwono Yoga. Menurut dia, masih banyak pedagang yang sudah dipindahkan kembali ke jalan. Selain itu masih banyak pedagang yang memakai trotoar jalan dan bahu jalan pada malam hari untuk berdagang.

Jokowi juga menggelar Kaki Lima Night Market untuk mempromosikan para PKL. Menertibkan PKL memang tidak cukup hanya menggusur pedagang dari badan jalan. Tetapi juga harus memberi ruang PKL tetap berjualan di tempat yang tidak melanggar hukum dan ramai pembeli. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini