Sukses

Demo Buruh di Bundaran HI Ancam Lumpuhkan Jakarta dan Jawa Barat

Ribuan buruh mengancam akan melumpuhkan Jakarta dan Jawa Barat jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) sudah memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Mereka menuntut dihapuskannya sistem outsourcing, menolak upah murah serta menolak intruksi presiden nomor 9 tahun 2013.

"Seandainya tuntutan kita ditolak, kita kepung Jawa Barat dan Jakarta, kita lumpuhkan. Tetapi alangkah eloknya Presiden mencabut intruksinya yang menetapkan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) dibatasi 5 sampai 10 persen, dan surat edaran menteri kepmen nomor 13," teriak seorang koordinator KSPI dalam orasinya, di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Buruh berharap, pemerintah tak menganggap tuntutan mereka main-main. "Jangan anggap kami akan main-main, kami akan terus berjuang agar tuntutan dikabulkan oleh Presiden," ujar orator KSPI lagi.

Ribuan buruh datang dari perwakilan DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Buruh datang menggunakan bus pariwisata AC.

Lalu lintas di sekitar Bundara HI terpantau mulai tersendat. Rencananya para buruh akan melakukan aksinya dari Bundaran HI hingga ke Istana. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini