Sukses

Komjen Sutarman Jalani Uji Kelayakan Calon Kapolri Hari Ini

Calon Kapolri Komjen Pol Sutarman dijadwalkan akan melakukan uji kelayakan atau fit and proper test di Gedung DPR, Kamis (17/10/2013).

Kabareskrim Komjen Pol Sutarman yang menjadi calon Kapolri akan melakukan uji kelayakan atau fit and proper test di Gedung DPR pada Kamis (17/10/2013).

Terkait ini, Sutarman membantah isu adanya tim sukses di belakang pencalonannya sebagai Kapolri. Dia merupakan calon tunggal yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke DPR.

Ditanya persiapan menghadapi uji kelayakan tersebut, Sutarman mengaku telah dilakukan sejak lama. Bahkan sejak dirinya masih menjabat Kapolsek.

"Akan kita laksanakan. Sudah siap, pelaksanaan dan apa yang sudah kita lakukan mulai dari Kapolsek sampai ke sini kan persiapan kita semua," ucap Sutarman saat berbincang dengan Liputan6.com usai salat Id di Lapangan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa 15 Oktober 2013 lalu.

Sutarman pernah menjabat sejumlah posisi penting. Pada tahun 2000, pria kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah, 5 Oktober 1957, ini menjadi ajudan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Fenomena mantan ajudan presiden yang kemudian menjadi Kapolri memang sudah ada sejak lama, tepatnya pertama kali ada pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Kala itu, ada 3 Kapolri yang merupakan mantan ajudan Soeharto. Mereka adalah Jenderal Kunarto yang menjabat tahun 1991 menggantikan Jenderal Mochammad Sanoesi. Sebelum menjadi Kapolri, Sunarto pernah menjabat Wakapolda kemudian Kapolda Metro Jaya.

Kemudian, ajudan Soeharto lain, Dibyo Widodo, menjadi Kapolri pada 1996-1998.

Selanjutnya ada Jenderal Sutanto, ajudan Presiden Soeharto pada 1995-1998. Ia menjadi Kapolri sejak 8 Juli 2005 hingga 30 September 2008.

Namun, Sutarman membantah terpilih jadi kandidat pengganti Kapolri Timur Pradopo karena mantan ajudan presiden. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.