Sukses

Warga Ramai-ramai Lihat Sapi Milik SBY di Istiqlal

Banyak warga penasaran melihat sapi kurban milik Presiden SBY yang diserahkan ke Masjid Istiqlal.

Warga beramai-ramai mendatangi Masjid Istiqlal untuk melihat sapi kurban yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan bukan hanya warga Ibukota saja yang penasaran dengan sapi berbobot seberat 1.007 kilogram atau setara dengan 1,007 ton.

Seperti perempuan bernama Elma (60), dia mengaku penasaran dengan pemberitaan di media terkait sapi kurban Presiden SBY. Elma yang datang dengan sang cucu, sengaja datang dari Bekasi untuk melihat secara langsung sapi yang ramai diberitakan.

"Saya tahu dari TV, tinggal di daerah Bekasi. Saya aslinya dari Balikpapan datang kemarin ke Bekasi, sengaja berlebaran haji di Jakarta. Sekalian lihat sapinya yang dari Pak Presiden itu, berdua dengan cucu," kata Elma kepada Liputan6.com, di Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa (15/10/2013).

Dari pantauan di lapangan, selain untuk melihat sapi Presiden SBY, warga juga memanfaatkan untuk berfoto. Selain itu, banyak anak-anak pengunjung yang bermain menaiki sapi tersebut. Sapi Presiden SBY berada di tempat yang berbeda dengan sapi-sapi kurban lainnya. Sapi milik SBY hanya berdua dengan sapi milik Wapres Boediono yang berbobot seberat 932 Kg.

Saat ini sudah 53 hewan kurban yang diterima Masjid Istiqlal. Dari ke 45 sapi tersebut, 30 di antaranya diberikan oleh warga muslim Turki, 2 ekor sapi dari keluarga Cendana, 1 ekor sapi dari Presiden SBY seberat 1.007 kilogram, 1 ekor sapi dari Wapres Boediono, dan sisanya diberikan masyarakat umum.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban sendiri, rencananya akan dilaksanakan sekitar pukul 19.30 WIB. Sedangkan untuk pembagiannya akan dilaksanakan hari Rabu 16 Oktober sekitar pukul 05.00 WIB.

"Ke 53 hewan kurban itu, nanti setelah salat isya ya jam setengah 8 malam baru akan dilakukan pemotongan, pembagiannya besok setelah salat subuh," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Ya'qub, di Masjid Istiqlal. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • kurban