Sukses

Jokowi Pukul Beduk Buka Jakarta Night Religious Festival

Jokowi akan membuka acara dengan memukul beduk sebagai tanda dimulainya parade 1.000 beduk di sepanjang Thamrin ke Monas.

Menyambut Idul Adha 1434 Hijriah, Pemprov DKI menggelar Jakarta Night Religious Festival di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga kawasan Monas, Jakarta Pusat. Rencananya, Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi akan membuka acara dengan memukul beduk sebagai tanda dimulainya parade 1.000 beduk.

Pantauan Liputan6.com, Senin (14/10/2013), sejumlah panitia penyelenggara sedang mempersiapkan perhelatan Festival Malam Relijius di Silang Monas Barat. Beberapa oramng pengisi acara juga sedang berlatih memukul beduk.

"Ada 50 beduk di Monas. Dari HI juga ada 50 beduk. Ini dari SMK Muhammadiyah 1. Pak Jokowi mau main beduk dulu dari bundaran HI ," ujar pelatih beduk, Imam Firmansyah di Jakarta Pusat, Senin (14/10/2013).

Koordinator Parade, Musfir Dahlan, menuturkan rencananya sekitar pukul 18.45 WIB, Jokowi akan melakukan persiapan. Kemudian pukul 19.00 WIB, Jokowi memukul beduk sebagai tanda dimulainya parade 1.000 beduk.

"Start dari menara BCA. Pak Jokowi pukul beduk besar. Seremonial dimulainya parade. Lalu dia ikut iringan rombongan 1.100 lebih beduk. Terus jalan sampai monas dengan 2.000 obor," ujar Musfir.

Peserta 1.000 beduk akan melalui 6 titik berbeda dari masing-masing wilayah di Jakarta, yaitu:

Pertama, peserta dari Jakarta Pusat masuk dari Jalan Tanah Abang 1 langsung menuju Jalan Medan Merdeka Barat–Jalan MH Thamrin.

Kedua, peserta dari Jakarta Utara masuk dari Jalan Yos Sudarso menuju Jalan Letjen Suprapto–Patung Tani Balaikota– Jalan MH Thamrin.

Ketiga, peserta dari Jakarta Barat masuk melalui Thamrin City, Jalan MH Thamrin. Keempat, peserta dari Jakarta Selatan masuk dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan MH Thamrin.

Kelima, peserta dari Jakarta Timur masuk melalui Jalan Imam Bonjol menuju Jalan MH Thamrin dan terakhir peserta Kepulauan Seribu masuk melalui Jalan Gunung Sahari, Pasar Baru, Jalan Veteran menuju Jalan MH Thamrin.

Acara tersebut dijadwalkan berlangsung mulai pukul 19.00-23.00 WIB dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Silang Monas Barat Daya. Terdapat pula 20 panggung mini berada di sepanjang Jalan MH Thamrin. Acara itu juga menghadirkan penampilan spesial di panggung utama di Silang Monas yaitu Opick, Sulis, Cici Paramida, Debu, dan Kiai Kanjeng Orchestra.

Selain itu, ada juga pementasan seni seperti teatrikal, rebana, serta marawis. Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemprov DKI dengan Dewan Masjid Indonesia DKI Jakarta. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini