Sukses

[VIDEO] Badai Phailin Menerjang India, Puluhan Orang Tewas

Badai Phailin berkekuatan 210 kilometer per jam menerjang kawasan pantai timur India. Puluhan orang tewas dan aliran listrik padam.

Badai Phailin berkekuatan 210 kilometer per jam menerjang kawasan pantai timur India, Minggu 13 Oktober 2013 pukul 6 pagi waktu setempat. Angin kencang ini bergerak dari kawasan Odisha hingga Andhra Pradesh.

Akibatnya sejumlah pepohonan tumbang ke badan jalan. Bahkan, terpaan angin juga menyebabkan beberapa bangunan yang dibangun untuk merayakan festival Hindu Durga Puja ini miring dan hampir roboh. Terjangan angin juga merobohkan baliho dan tiang istrik yang ada di pinggir jalan. Alhasil warga terpaksa hidup tanpa aliran listrik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Senin (14/10/2013) pagi, sejauh ini jumlah korban jiwa akibat terjangan badai tersebut di wilayah Datia saja sudah mencapai 89 orang. Sedangkan lebih dari 100 orang lainnya mengalami luka-luka akibat tertimpa pohon atau bangunan yang ambruk.

Sebelum bencana terjadi, pemerintah telah mengevakuasi lebih dari 1 juta orang ke tempat penampungan sementara. Aksi ini menanggapi laporan dari lembaga pemantau badai global yang memprediksi akan terjadi angin kencang berkecepatan 315 kilometer per jam.

Badan meteorologi setempat menyatakan angin badai bergerak menuju Kota Golphur dan menyebabkan gelombang air laut pasang hingga 3 meter.

Sebelumnya, pada 1999 silam, bencana serupa juga pernah terjadi di wilayah pesisir timur India dan menewaskan sekitar 10 ribu orang. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.