Sukses

[VIDEO] Sapi Kurban, Dari Wanita Cantik Hingga Pemakan Sampah

Beberapa lagi, masyarakat muslim di dunia termasuk di Indonesia akan merayakan Hari Raya Kurban atau Idul Adha.

Beberapa lagi, masyarakat muslim di dunia termasuk di Indonesia akan merayakan Hari Raya Kurban atau Idul Adha. Kali ini, tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (13/10/2013), menayangkan liputan unik sapi-sapi yang akan dikurbankan. Karena, ada sapi yang bernama wanita wanita cantik, serta ada sapi raksasa berbobot 1,2 ton dan ada juga sapi pemakan sampah.

Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan nama Syahrini atau Manohara. Nah, bila ingin bertemu mereka, datang saja ke pusat pelayanan pertanian dan peternakan terpadu Merapi Project di Plosokerep, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun jangan salah, Syahrini atau Manohara yang ada di komplek peternakan ini bukanlah nama artis dan penyanyi terkenal yang cantik dan menjadi primadona Indonesia, akan tetapi di lokasi ini Syahrini dan Manohara adalah nama seekor sapi.

Para peternak sengaja memberi nama sapinya dengan nama-nama artis, penyanyi dan gadis cantik lainnya agar mereka bersemangat dalam merawat sapi-sapinya. Serta para peternak juga lebih mudah mengenali sapinya, sehingga tidak tertukar dengan sapi lain jika lepas dari kandang. Selain Syahrini dan Manohara, nama-nama sapi di peternakan ini adalah Luna, Maya, Rani, Laras, Anis Similikiti, Melly, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di tempat lain, yakni di Situbondo, Jawa Timur, ada sapi raksasa. Sapi berjenis sumental ini berbobot 1,2 ton. Sapi tersebut umurnya baru 27 bulan atau hampir 2,5 tahun. Sapi tersebut memiliki panjang dua meter dan tinggi satu setengah meter.

Jamali selaku pemilik sapi tersebut menjelaskan, untuk mencapai bobot sapi yang luar biasa itu tidaklah mudah. Sapi tersebut harus rajin diberi makan tambahan setiap hari seperti ampas tahu dan jagung.

Sedangkan di Grobogan, Jawa Tengah, puluhan sapi ini dibiarkan pemiliknya memakan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Ngembak, Purwodadi.

Pemilik sapi lebih suka membiarkan sapinya memakan sampah ketimbang harus repot-repot mencari rumput untuk pakan sapi. Selain sapi, domba juga dibiarkan menikmati sampah di TPA ini. (Adm/Mvi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.