Sukses

Ups!... Koin Vatikan Salah Tulis `Jesus` Jadi `Lesus`

Lebih dari 6.000 koin yang diproduksi untuk memperingati tahun pertama kepemimpinan Paus Fransiskus ditarik kembali.

Baru dirilis Selasa lalu, lebih dari 6.000 koin yang diproduksi untuk memperingati tahun pertama kepemimpinan Paus Fransiskus ditarik kembali. Gara-gara salah mencetak nama Yesus!

Medali yang diproduksi Vatikan di satu sisi bertuliskan 'Franciscus Pont. Max. An. I ' dilengkapi dengan foto Paus Fransiskus di sisi depan.

Sisi lainnya dimaksudkan untuk memuat kutipan yang membuat hati Jorge Mario Bergoglio -- nama asli Paus Fransiskus -- tergetar memutuskan untuk masuk biara dan menjadi imam Katolik.

Kutipan itu bertuliskan panggilan pada Santo Matius, "Vidit ergo Jesus publicanum et quia miserando atque eligendo vidit, ait illi sequere me" atau "Yesus melihat seorang pemungut cukai (Matius) dan dengan kasih memilihnya sebagai rasul: Ikutlah Aku."

Masalahnya, dalam koin yang tersedia dalam logam emas, perak, dan perunggu tersebut, kata 'Jesus' salah tulis jadi 'Lesus'!

Menyadari kesalahan itu, Vatikan cepat-cepat menariknya. Namun, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (11/10/2013), hanya 4 dari 6.000 lebih koin yang berhasil ditarik. Siapapun pemilik dari 4 koin yang terlanjur dibeli itu, sudah jadi kolektor barang langka.

Kabar penarikan koin tersebut menuai komentar banyak pihak, salah satunya salah satu pemuka agama, James Martin SJ.

"Medali Vatikan yang ditarik bertuliskan Lesus, bukannya Jesus. Membayangkan bagaimana perasaan suami Maria, Loseph soal itu," canda dia dalam Twitter, mengubah nama Joseph menjadi Loseph. Maria adalah perempuan yang melahirkan Yesus. (Ein/Sss)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.