Sukses

[VIDEO] Aih! Ada Sapi Syahrini dan Manohara

Ada yang unik di pusat pelayanan pertanian dan peternakan terpadu, yakni sapi bernama Syahrini dan Manohara.

Ada yang unik di pusat pelayanan pertanian dan peternakan terpadu Merapi Project di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kehadiran Syahrini, Manohara dan lain-lain membuat suasana di lokasi ini menjadi hangat.

Jika Anda ingin bertemu Syahrini atau Manohara tidak perlu repot-repot datang ke Jakarta. Cukup mengunjungi Merapi Project di Plosokerep, Cangkringan, Sleman, DIY, Anda sudah bisa menemui keduanya.

Namun jangan salah, mereka bukanlah artis dan penyanyi terkenal nan cantik itu. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (11/10/2013), Syahrini dan Manohara di Merapi Project adalah nama seekor sapi.

Pemandangan berbeda di tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Sapi-sapi yang seolah tak bertuan itu tak lagi makan rumput. Meski sudah ada larangan menggembalakan hewan ternak di lokasi itu, para pemilik dan penggembala mengaku tak memiliki pilihan lain.

Seiring tingginya permintaan hewan kurban, pemerintah setempat mengimbau masyarakat untuk selektif, karena daging hewan atau sapi pemakan sampah, kandungan timbalnya sangat tinggi dan berbahaya bila dikonsumsi.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban digencarkan menjelang Idul Adha. Sejumlah tempat penjualan hewan kurban didatangi petugas Dinas Peternakan. Satu per satu diperiksa dengan teliti untuk memastikan umur dan kelayakan untuk dijadikan hewan kurban. Dan hasilnya, masih banyak hewan yang belum memenuhi syarat.

Petugas kemudian memberikan label sehat kepada hewan yang lolos uji dan agar tidak merugikan pembeli. Petugas mengimbau para pedagang menunda penjualan hewan yang belum dewasa. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.