Sukses

Adnan Buyung Nasution Jadi Kuasa Hukum Adik Ratu Atut

Adnan Buyung mengaku sudah lama mengenal istri Wawan, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Pengacara senior Adnan Buyung Nasution mendatangi gedung KPK. Kedatangan Adnan guna memberitahukan pada lembaga antirasuah tersebut bahwa dirinya telah ditunjuk sebagai salah satu kuasa hukum Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, adik Gubernur Banten Ratu Atut yang juga suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

"2 Hari lalu kan istrinya ada di Amerika, lantas menghubungi saya untuk bisa bela suaminya. Istrinya kemarin pulang untuk urus suaminya," kata Buyung di KPK, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Dia mengaku sudah lama mengenal Airin. Berdasarkan pertemanan itu, ia pun merasa terpanggil untuk membantu Wawan.

"Dia kan Walikota Tangerang Selatan, berbatasan dengan rumah saya dan banyak bantu saya terkait urusan tanah. Saya tahu dia lagi susah suaminya ditahan. Jadi saya merasa terpanggil," ujar Buyung.

KPK menetapkan Wawan sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Lebak, Banten. Selain Wawan, KPK sudah menetapkan 2 tersangka lain dalam kasus itu, yakni Ketua MK non-aktif Akil Mochtar dan pengacara Susi Tur Andayani.

Akil dan Susi ditetapkan sebagai tersangka penerima suap. Sedangkan Wawan ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap. Dalam kasus itu, KPK menemukan barang bukti berupa uang sebesar Rp 1 miliar dalam bentuk pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu di dalam traveling bag. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.