Sukses

[VIDEO] Gitar Ukir Bali, Perpaduan Ahli Ukir dan Pembuat Gitar

Selain kaya akan obyek wisata dan budayanya, Bali juga kaya dengan senimannya yang terus berkarya.

Selain kaya akan obyek wisata dan budayanya, Bali juga kaya dengan senimannya yang terus berkarya. Di Gianyar, Bali, Seniman gitar ukir hasil karyanya terkenal hingga mancanegara.

Seni ukir dan membuat sebuah gitar merupakan 2 jenis keahlian yang berbeda. Bagaimana jadinya jika 2 jenis keahlian ini digabungkan? Hasilnya adalah sebuah gitar ukir.

Bengkel kerajinan gitar ukir milik Wayan Tuges, yang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (11/10/2013), bersama beberapa pekerjanya yang sebagian besar adalah tukang ukir berpengalaman melakukan proses pembuatan gitar ukir.

Wayan Tuges menggunakan kayu impor seperti kayu cedar, spruce, black tasmanian wood, serta rose wood, untuk bahan dasar gitar ukirnya ini. Masing-masing pekerja memiliki keahlian merangkai beberapa komponen menjadi sebuah gitar dan melakukan pengukiran.

Diperlukan kehati-hatian untuk mengukir karena ketebalan hanya sekitar 2 milimeter.

Motif ukiran gitar ukir ini antara lain motif celtic, Romawi kuno, binatang, dan berbagai motif tradisional Bali lainnya. Proses pembuatan gitar ukir memakan waktu hingga 6 bulan.

Gitar ukir buatan Wayan Tuges eksklusif karena tidak ada yang sama antara satu gitar dengan lainnya. Karena eksklusif itulah tak heran jika harganya relatif mahal yakni antara Rp 5 juta hingga Rp 40 juta per buahnya.

Gitar ukir buatan Wayan Tuges ini sudah dikoleksi gitaris terkenal baik dari dalam negeri maupun gitaris asing dari Kanada, Inggris, Amerika Serikat, dan beberapa negara Eropa. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini