Sukses

[VIDEO] Macam-macam Ciri Khas Jamaah Haji Indonesia

Agar tak terpisah dari rombongan, biasanya masing-masing rombongan jamaah haji membuat ciri khas agar anggotanya mudah dikenali.

Padatnya jamaah di Arab Saudi, membuat banyak calon haji sering terpisah dari kelompoknya. Agar tak terpisah dari rombongan, biasanya masing-masing rombongan membuat ciri khas agar anggotanya mudah dikenali.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (11/10/2013), pita warna-warni tersemat di pakaian sejumlah jamaah haji asal Indonesia, yang baru tiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi. Pita menghiasi kerudung bagi jamaah perempuan dan ihrom bagi jamaah laki laki. Mereka pun tak keberatan meski harus memakai pita.

Ada juga yang menggunakan masker penutup mulut dan hidung. Selain penanda, masker juga berguna menghalau debu, penyakit, dan panas yang menyengat.

Ada juga yang menggunakan syal. Sekitar 2 juta jamaah haji diperkirakan akan memenuhi Masjidil Haram, Mekah, saat puncak haji nanti. Dan upaya menambahkan tanda pada setiap kelompok dipandang bisa jadi solusi tepat agar kejadian jamaah terpisah dari kelompok atau tersesat bisa diminimalisir. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.