Sukses

Pilot Pingsan, Penumpang Nekat Kendalikan Pesawat

Saat burung besi mengudara, sang pilot pingsan. Alamak!

Adegan menegangkan terjadi di sebuah pesawat di Inggris. Saat burung besi mengudara, sang pilot pingsan. Alamak!

Seperti dimuat BBC, Rabu (9/10/2013), kejadian terjadi pada Selasa 8 Oktober 2013 malam, sekitar pukul 19.50 waktu setempat. Pesawat waktu itu hendak mendarat beberapa menit lagi. Tapi sang pilot tiba-tiba pingsan.

Untung saja, ada penumpang yang nekat menggantikan posisinya meski dia sendiri belum pernah atau tidak memiliki pengalaman menerbangkan pesawat. Cuma bermodalkan keberanian, 'pilot dadakan' itu mendaratkan pesawat dengan bantuan 2 instruktur terbang dari ruang menara pengawas.

"Penumpang itu sama-sekali tidak memiliki pengalaman menerbangkan pesawat. Jadi, apa yang dilakukannya itu adalah hal luar biasa," ujar Murray.

Saat proses itu berlangsung, aparat kepolisian, pemadam kebakaran dan petugas kesehatan dikerahkan ke landasan pacu. Untuk berjaga-jaga mencegah kemungkinan yang terjadi.

Selain itu, petugas penanggung jawab keselamatan Bandara Humberside sempat menutup aktivitas lalu lintas di sekitarnya. 2 Kloter penerbangan dari Aberdeen dan Amsterdam pun ditunda pendaratannya.

"Penumpang itu berhasil mendaratkan pesawat. Padahal dia tidak tahu piranti di dalam ruang pilot. Dia juga tidak tahu di mana letak lampu. Dia benar-benar buta tentang cara menerbangkan pesawat."

Dari menara pengawas, Murray mencoba meyakinkan agar 'pilot dadakan' itu tetap tenang saat menjelaskan prosedur pendaratan.

"Hal penting yang mesti Anda lakukan adalah bagaimana caranya agar dia tidak panik. Karena jika itu terjadi, maka segala hal bisa terjadi."

Proses pendaratan berjalan menegangkan. Namun pada akhirnya pesawat mendarat mulus di landasan. Sorak-sorai pun terdengar di ruang kontrol bandara. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.