Sukses

Sempat Mangkir, Sopir Akil Mochtar Kembali Dipanggil KPK

Karena mangkir pada pemanggilan pertama, KPK akan kembali memanggil Daryono, sopir pribadi Akil Mochtar, untuk dimintai keterangan.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengungkapkan lembaganya berencana kembali melayangkan surat panggilan kedua kepada Daryono, sopir pribadi Ketua Mahkamah Konstitusi non-aktif Akil Mochtar. Pada pemanggilan pertamanya, Daryono tak hadir alias mangkir.

"Iya (Daryono) akan dipanggil ulang oleh penyidik," kata Johan saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Hal ini, lanjut dia, lantaran penyidik KPK sangat memerlukan keterangan dari Daryono untuk pengembangan penyidikan kasus suap sengketa Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Pilkada Lebak, Banten yang telah menjerat Akil Mochtar.

Lantas, apakah KPK akan memanggil paksa Daryono jika yang bersangkutan kembali tak mengindahkan panggilan kedua lembaga antikorupsi tersebut? "Ini kan pemanggilan kedua saja belum," kata Johan.

Pada perkara ini, Daryono ternyata memiliki hubungan yang dekat dengan atasannya. Bahkan, Akil Mochtar diketahui menggunakan nama Daryono untuk membeli sebuah mobil Mercy S 350 yang kini sudah disita KPK. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.