Sukses

Ahok Ingin Alihkan Jalan Layang Non-Tol untuk Angkutan Umum

Guna mengurai kemacetan dan memaksimalkan fungsinya, JLNT yang ada di Jakarta rencananya akan digunakan untuk angkutan umum.

Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji untuk mengalihkan peruntukan jalan layang non-tol (JLNT) di Jakarta ke angkutan umum, seperti untuk Transjakarta, Metromini, dan Kopaja.

Rencana itu dikemukakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait JLNT Pangeran Antasari-Blok M yang baru diresmikan Januari lalu, ternyata belum bisa membantu mengurai kemacetan.

"Kalau mau urai kemacetan, mungkin JLNT Antasari harus dipikirkan untuk bus, misalnya. Sama seperti yang kita bangun jalan layang untuk Transjakarta di Ciledug. Itu yang kita lagi kaji. Kalau perlu kita bikin untuk (angkutan) umum," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Ia mengatakan, berdasarkan teori jalan, JLNT memang tidak bisa mengurai kemacetan. Sebab, pertambahan jumlah kendaraan tidak seimbang dengan pembangunan ruas-ruas jalan, khususnya di Jakarta.

"Maka yang ada adalah bangun jalan layang khusus transportasi massal, baru bisa. Kita mau paksa orang kalau mau nyaman, naik bus. Makanya busnya harus beli dulu," kata Ahok. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.