Sukses

[VIDEO] Demo Akil Mochtar, Pemuda Bakar Keranda Mayat

Penangkapan ketua mahkamah konstitusi Akil Mochtar oleh KPK memicu unjuk rasa di sejumlah daerah.

Penangkapan ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif Akil Mochtar oleh KPK memicu unjuk rasa di sejumlah daerah. Selain menuntut Akil dihukum seberat-beratnya, pengunjuk rasa juga menuntut hakim-hakim lain yang diduga menerima suap segera ditindak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Selasa (8/10/2013), mahasiswa membakar keranda sebagai simbol matinya penegakan hukum dalam sebuah aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Kudus. Api yang berkobar langsung dipadamkan petugas.

Para pengunjuk rasa kemudian maju ke pagar gedung untuk menyegel PN Kudus. Namun polisi menghadang. Setelah bersitegang, pengunjuk rasa yang tak terima dihalangi akhirnya terlibat aksi saling dorong dengan polisi.

Polisi pun melontarkan gas air mata, membubarkan pendemo dan mengamankan sejumlah orang. Unjuk rasa ini dipicu tertangkapnya ketua Mahkamah Konstitusi oleh KPK. Para pengunjuk rasa itu menuntut dilakukan mutasi terhadap hakim-hakim di PN Kudus yang diduga kuat menerima suap

Di Madiun, Jawa Timur, juga digelar unjuk rasa. Sekelompok pengunjuk rasa dari berbagai elemen pemuda melakukan aksi teatrikal, menceritakan bagaimana saat-saat penyuapan hingga adegan pemotongan jari ketua MK yang tertangkap KPK. Aksi diakhiri dengan pembakaran boneka.

Selain itu, para pengunjuk rasa juga memprotes keputusan-keputusan MK yang diambil saat dipimpin Akil Mochtar dan minta keputusan-keputusan tersebut ditinjau kembali. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.