Sukses

Apa Sebab Penolak Ruhut Tak Hadiri Pelantikan Pieter Zulkifli?

Sejumlah anggota Komisi III DPR yang vokal menolak Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III tak hadiri pelantikan Pieter Zulkifli.

Sejumlah anggota Komisi III DPR yang vokal menolak Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III seperti Syarifudin Sudding dari Hanura, Bambang Soesatyo dari Golkar, Ahmad Yani dari PPP, dan Desmon J Mahesa dari Gerindra tidak hadir dalam penetapan dan pelantikan Pieter Zulkifli sebagai Ketua Komisi III DPR.

Saat dikonfirmasi soal ketidakhadirannya tadi, Ahmad Yani justru mengaku tidak tahu ada jadwal pelantikan Pieter Zulkifli sebagai Ketua Komisi III pada hari ini.

"Lho, emang sudah ditetapkan (Ketua Komisi)? Saya belum tahu informasinya," kata Yani yang datang ke Komisi III untuk menghadiri rapat internal Komisi III setelah pelantikan Zulkifli usai di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Sementara itu, Syarifuddin Sudding mengaku tak menghadiri pelantikan Pieter di Komisi III karena sedang rapat internal fraksi Hanura saat pelantikan Zulkifli. "Saya sih tadi rapat. Nggak tahu yang lain," ujar Sudding yang berjalan bersama Yani.

Sedangkan Desmon J Mahesa tidak menanggapi pertanyaan wartawan terkait ketidak hadirannya tadi dan terus berlalu masuk ke Komisi III. Sementara Bambang Soesatyo, belum bisa dikonfirmasi soal ini.

Pieter Zulkifli dilantik sebagai Ketua Komisi III menggantikan Gede Pasek Suadika. Namun, dalam pelantikan ini, hanya ada 29 orang yang hadir dari total 51 anggota Komisi III.

Tidak seperti sebelumnya saat pelantikan Ruhut Sitompul, proses pelantikan Pieter ini berjalan sangat lancar. Bahkan, Komisi III hanya butuh waktu lima menit untuk melancarkan proses tersebut. Wakil Ketua DPR yang memimpin pelantikan ini, Pramono Anung pun dengan enteng mengetuk palu setelah mendapatkan persetujuan anggota Komisi III yang hadir. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.