Sukses

PM Turki: Presiden Assad Teroris!

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan pernyataan keras terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan pernyataan keras terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad. Dia bilang, Assad adalah teroris karena telah menewaskan 110 ribu orang dalam perang saudara di Suriah.

"Assad adalah teroris yang memperdayakan satuan teror. Dia bukan politisi lagi. Orang yang telah menewaskan 110 ribu orang itu teroris!" cetus Erdogan, seperti dimuat Al Arabiya, Selasa (8/10/2013).

"Anda (Assad) manusia dan saya pun manusia. Betapa sadisnya membunuh 110 ribu orang. Lalu apa patut orang seperti itu kita hargai?" tegas dia.

Kecaman ini datang setelah Assad menyatakan Turki akan membayar mahal karena telah membantu pasukan pemberontak melawan pemerintahan Suriah. Sementara di mata Assad, pemberontak tersebut lah yang merupakan teroris.

"Nanti, teroris-teroris (pemberontak) makin banyak di Turki. Dan Turki akan membayar mahal atas bantuannya ke mereka," ujar Assad.

Ucapan teroris Erdogan untuk Assad ini juga merupakan balasan karena Presiden Suriah itu sebelumnya menyebutnya sebagai seorang yang 'liar' karena telah membantu teroris pemberontak Suriah.

Perang saudara Suriah dimulai sejak Maret 2011. Hingga kini terhitung sudah 2 tahun 7 bulan. Berdasarkan data PBB, ada lebih dari 2 juta warga Suriah yang menjadi pengungsi dan sekitar 110 ribu orang dilaporkan telah tewas. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.