Sukses

Jokowi: Warga Tak Puas Pelayanan, Lurah-Camat Dicopot!

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mencopot lurah dan camat yang tidak bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada warga.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, hasil survei kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan birokrasi di tingkat kelurahan dan kecamatan akan dirilis pada November atau Desember 2013.

"Puas tidak puas, akan tercermin dalam index goverment service. November dan Desember akan kita cek bagaimana birokrasi kita melayani masyarakat. Ini kan kayak di swasta customer satisfaction index," ujar pria yang kerap disapa Jokowi itu di Kantor Kelurahan Cibubur, Selasa (8/10/2013).

Survei tersebut salah satunya dengan bentuk inspeksi mendadak yang ia lakukan ke kantor kelurahan, kecamatan, hingga RT dan RW, di sela-sela kegiatannya. Apabila ternyata didapatkan ada kelurahan atau kecamatan yang tidak memberikan pelayanan dengan baik, maka akan langsung dilakukan penggantian lurah atau camat.

"Sistem survei masyarakat. Artinya yang ke sini ditanya. Kalau tidak puas, jelas ya dicopot ganti (lurah atau camat) yang baru. Kalau bagus ya dilanjutkan. Ditingkatkan. Nanti kelihatan," ujar mantan Walikota Surakarta itu. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini