Sukses

Pieter Zulkifli Ditetapkan Sebagai Ketua Komisi III DPR Hari Ini

Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung memimpin rapat pleno internal Komisi III dengan agenda penetapan Ketua Komisi III DPR.

Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung memimpin rapat pleno internal Komisi III dengan agenda penetapan politisi Partai Demokrat Pieter Zulkifli sebagai Ketua Komisi III.

Pramono menggantikan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso untuk memimpin rapat karena telah berangkat ke kota suci Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

Pramono menjelaskan, Fraksi Partai Demokrat telah memberikan surat penetapan resmi kepada pimpinan DPR dengan menunjuk Pieter menggantikan Ruhut Sitompul yang telah mengundurkan diri sebagai calon ketua Komisi III DPR. Penetapan Pieter tersebut juga telah dibahas dalam rapat pimpinan fraksi.

"Pertama, sudah di dalam rapim kemarin sudah dibahas. Dan saya diminta pimpinan lainnya jam 11.00. Dengan usulan nama baru Insya Allah bisa berjalan lancar dan damai-damai saja," kata Pramono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Meski demikian, Pramono tak menjamin apakah penetapan dan pelantikan Pieter Zulkifli sebagai Ketua Komisi III akan berjalan dengan lancar atau tetap mendapatkan penentangan dari para anggota Komisi III seperti halnya penetapan Ruhut Sitompul.

"Nanti kita lihat karena ini kewenangan Partai Demokrat, yang salah yang usulkan atau yang memberikan persetujuan. Apa pun dengan mundurnya Ruhut adalah proses pembelajaran kita semua kita tidak pernah mebayangkan urusan ketua komisi timbulkan kegaduhan yang luar biasa," ungkapnya.

Politisi senior PDI Perjuangan ini juga menjelaskan, dalam penetapan dan pelantikan Pieter Zulkifli sebagai Ketua Komisi III akan berjalan dengan cara musyawarah mufakat. "Tetap musyawarah mufakat, tidak perlu voting-votingan," ujar Pramono. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini