Sukses

[VIDEO] APEC, Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 4 Negara

Salah satu program kerjasama yang ditandatangani dengan Vietnam adalah dalam bidang perikanan dan Peru untuk teknologi pertanian.

Berkumpulnya sejumlah pemimpin negara dari kawasan Asia Pasifik, dimanfaatkan delegasi Indonesia untuk menjalin kerja sama bilateral di Nusa Dua, Bali. Indonesia sepakat menandatangani nota kesepahaman kerjasama dengan Vietnam, Papua Nugini dan Peru. Juga pertemuan bilateral dengan pimpinan Rusia dan Jepang.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (8/10/2013), dalam penandatanganan kerjasama dengan Vietnam, Indonesia diwakili Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa. Sementara, Vietnam diwakili Menteri Luar Negeri, Pham Binh Minh. Dalam perjanjian kerjasama tersebut, kedua negara sepakat menjalin kerjasama di bidang politik, keamanan, sosial, ekonomi dan hubungan antar masyarakat.

Salah satu program kerjasama yang ditandatangani dengan Vietnam adalah dalam bidang perikanan. Kerja sama serupa juga dilakukan dengan pemerintah Papua Nugini. Selain itu, Menteri Pertanian Suswono menjadi wakil pemerintah dalam penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Peru untuk transfer teknologi pertanian dan perdagangan komoditas andalan seperti kelapa sawit, rotan dan lainnya.

Presiden Susilo Bambangn Yudhoyono juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang Sinzo Abe di Nusa Dua, Bali.

Pada pertemuan dengan Putin, selain kerjasama ekonomi, kedua kepala negara juga membahas mengenai penyelesaian konflik Suriah. Pihak Rusia menghargai sikap Indonesia dalam konflik Suriah yang mendukung solusi damai melalui jalur diplomasi.

Penghargaan serupa juga dinyatakan Perdana Menteri Jepang, Sinzo Abe, soal penanganan konflik bersenjata di Suriah. Dalam pertemuan tersebut, Presiden SBY juga mengapresiasi keberhasilan Jepang memperbaiki kondisi ekonomi negara tersebut pascabencana gempa dan tsunami, 2011 lalu. Termasuk, peluang kerjasama di berbagai sektor perekonomian termasuk energi.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.