by Tan

Bahaya! Topan Fitow Terjang China

  • Internasional
  • 0
  • 07 Okt 2013 07:39

topan-cina-131007a.jpg
Setelah dihantam Topan Usagi beberapa waktu lalu, kini China kembali dihantam topan. Terjangan Topan Fitow yang mendarat di kota Fuding pada Senin pagi waktu setempat, juga tak kalah kuat dari terjangan Topan Usagi.

"Angin berhembus dengan kekuatan hingga 151 km/jam, ketika topan mendarat di Provinsi Fujian pada Senin pagi. Hujan lebat dan listrik padam terjadi," ungkap ahli meteorologi Cina seperti dimuat Guardian LV dan dimuat Liputan6.com, Senin (7/10/2013).

Selain itu, pihak berwenang juga mengeluarkan peringatan tingkat tertinggi terhadap bahaya yang akan ditimbulkan oleh Topan Fitow.

Menurut keterangan warga, beberapa rumah di Provinsi Zhehiang dan sekitarnya roboh. Sementara 2 pekerja pelabuhan dilaporkan hilang.

Sejauh ini, seperti dimuat Xinhua, guna mengantisipasi timbulnya korban jiwa akibat hantaman topan, 177 ribu orang di Fujian dievakuasi. Di Zhejiang, lebih dari 500 ribu orang telah diminta untuk meninggalkan rumah demi keselamatan.

Selain itu, sekitar 35 ribu kapal di Zhejiang dan 30 ribu di Fujian diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan untuk berlindung dari terjangan Topan Fitow.

Setelah menghantam Provinsi Fujian, topan tersebut diperkirakan bergerak ke arah barat laut. Saat pergerakan itu, diperkirakan topan akan kehilangan kekuatannya sedikit demi sedikit.

Sebelumnya, Topan Usagi menerjangan Hong Kong dan pantai bagian selatan China pada akhir pekan Septyember lalu. Akibatnya 20 orang meregang nyawa. Tak hanya memakan korban, jaringan listrik pun lumpuh akibat terjangan topan yang mengakibatkan banjir dan membawa angin kencang. (Tnt)

Credit: Tanti Yulianingsih


Related Articles
Terpopuler