Sukses

[VIDEO] Bertemu Presiden Meksiko, SBY Sepakat Kerjasama 4 Bidang

Sejumlah kerjasama pun terbentuk dalam pertemuan bilateral tersebut.

Sebelum dimulainya pertemuan pemimpin negara kerjasama ekonomi Asia Pasifik atau APEC, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan pemimpin Meksiko dan Hongkong.

Seperti yang ditayangkan dalam Liputan6 Pagi SCTV, Senin (7/10/2013), dalam pertemuan bilateral tersebut, ditandatangani sejumlah perjanjian kerjasama.

Setelah melakukan pertemuan bilateral sekitar 1 jam dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, Indonesia dan Meksiko menyepakati kerjasama dalam 4 bidang, yakni ekonomi, perhubungan, kesehatan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

SBY berharap kerja sama Indonesia-Meksiko terus meningkat di masa mendatang. Menurut SBY, selama 60 tahun terakhir, hubungan bilateral kedua negara berjalan baik.

Sebagai gambaran, perputaran uang dalam perdagangan Indonesia-Meksiko tahun ini mencapai 1,2 milyar dollar Amerika atau naik 14 persen dari sebelumnya.

Usai bertemu Presiden Meksiko, SBY langsung menyambut kedatangan Direktur Kantor Kepala Administrasi Hongkong Edward Yau Tang Wah, bersama sejumlah menteri terkait.

Dalam sambutan awalnya, SBY sempat menyinggung permasalahan TKI di Hongkong dan niat pemerintah meningkatkan kerjasama bilateral dengan Hongkong. (Alv/Ali)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (#APEC), adalah forum ekonomi 21 negara di Lingkar Pasifik.

    APEC

  • SBY

Video Terkini