Sukses

ICW: KPK Harus Segera Periksa Atut

ICW menduga Ratu Atut Chosiyah berada di belakang geliat Tubagus Chaery Wardana dalam sengketa Pilkada Lebak, Banten.

Indonesia Corruption watch (ICW) menyatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera memeriksa Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Hal ini terkait tertangkapnya adik kandung Atut, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang terlibat dalam dugaan suap sengketa Pilkada Lebak, Banten, pada Akil Mochtar.

"KPK harus segera periksa Atut. Kemungkinan ada praktik-praktik KKN yang melibatkan kekeluargaan itu. Nah, ini kan dengan tertangkapnya TCW berarti membuka pintu ke arah yang kita duga-duga selama ini. Kami sarankan sesegera mungkin, dan kami dukung penuh" kata Koordinator Badan Pekerja ICW Danang Widyoko, di Tangerang, Minggu (6/10/2013).

Danang berujar, tak menutup kemungkinan bila Atut ada dibalik Wawan. Ia melihat, ada praktik KKN yang sudah diketahui masyarakat, tapi belum tersentuh hukum. Selain itu, tambah Danang, Banten juga menjadi provinsi pemekaran yang gagal.

"Wawan ini diperkirakan bermain praktik proyek-proyek besar di Banten. Dengan menggunakan tender dia bermain. Sebetulnya sudah kami laporkan ke KPK waktu September kemarin," ujar Danang.

"Ini kan Banten, provinsi yang pemekarannya termasuk gagal. Lihat pendidikan dan pembangunan yang tak merata, tapi pemimipinnya beserta keluarganya kaya raya, rakyat Bantennya banyak yang miskin-miskin. Apa yang sebetulnya terjadi?," kritik Danang dengan nada geram. (Alv/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.