Sukses

6 Jajanan Khas `Kota Transit` Salatiga

Sebagai Kota Transit, Salatiga menjadikan sebagian masyarakatnya mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Citizen6, Salatiga: Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di antara 2 Gunung Merapi dan Merbabu, dan berada di antara 3 kota Besar yaitu Jogja, Solo, dan Semarang ( Joglosemar). Kota ini juga sangat strategis untuk tempat persinggahan atau transit.

Dengan kota sekitarnya yang banyak menjadi tempat pariwisata, maka Kota Salatiga sebagai Kota Transit menjadikan sebagian masyarakatnya memilki Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di antara Produk UKM tersebut, banyak yang sudah terkenal di luar Kota Salatiga.

Adapun Jajanan Khas Kota Salatiga tersebut adalah:

1. Wedang Ronde

Terletak di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, cocok bagi pelancong untuk beristirahat sambil minum wedang ronde agar badan kembali bugar.

2. Gula Kacang (merk Bu Bekel)

Terletak di komplek Pasar Raya 1 Kiosa A25..dengan bahan dasar Gula, Kacang dan di tambahi Jahe. Makanan ini membuat badan jadi hangat dan cocok sebagai Buah Tangan khas dari Salatiga.

3. Enting-enting Gepuk

Terletak di Jalan Sukowati, makanan ini sudah terkenal sampai luar kota juga, dan juga sebagai salah satu buah tangan khas Salatiga.

4. Getuk "Ketek"

Terletak di Ledok, belakang ABC. Ada kata "Ketek" (kera) karena depan rumahnya ada kera. Sangat gurih dan enak.

5. Tahu Campur " Kalitaman"

Terletak di depan Kolam Renang Kalitaman (buka 2 cabang). Makanan ini sudah sangat terkenal di Salatiga karena enak, murah, dan bikin kenyang. Menjadi favorit bagi mahasiswa dan kalangan pekerja kantoran.

6. Gudeg "Sukini"

Terletak di komplek Pasar Rejosari (pasar sapi), sudah sangat terkenal sehingga bikin ketagihan kalo makan gudeg tersebut.    

Masih banyak lagi Jajanan/ makanan khas Kotaku Salatiga yang tidak bisa saya sampikan disini. Apabila masih ada yang kurang, datang saja langsung ke Salatiga, buktikan sendiri rasa dan kualitasnya. Anda pasti akan Ketagihan. (Adam Badawi/Mar)

Adam Badawi adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.