Sukses

[VIDEO] Jalan-jalan ke Tempat Angker, Berani Coba?

Ada kelompok yang hobi jalan-jalan malam ke tempat yang dianggap angker oleh sebagian orang.

Setelah beraktivitas seharian penuh, malam hari biasanya dimanfaatkan orang untuk mencari suasana santai. Tapi lain halnya dengan sebuah kelompok di Semarang, Jawa Tengah yang justru memanfaatkan malam untuk memacu adrenalin dengan menjelajah tempat-tempat yang dianggap angker.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Sabtu (5/10/2013) dini hari, Lawang Sewu, sebuah gedung tua di pusat Kota Semarang, Jawa Tengah. Entah bagaimana awalnya, gedung ini lebih dikenal sebagai tempat angker ketimbang sisi sejarahnya.

Tapi kini bangunan bersejarah peninggalan Belanda ini mempercantik diri. Tak heran, kini banyak warga yang datang untuk jalan-jalan malam menikmati keindahan Lawang Sewu pada waktu malam.

Termasuk yang kami temui kali ini, kelompok yang menamakan diri Semarangker--singkatan dari Semarang Angker--ini adalah kelompok yang hobi jalan-jalan malam ke tempat yang dianggap angker oleh sebagian orang.

Menjelajah gedung tua pada malam hari memang berikan sensasi yang berbeda. Itu juga yang kami rasakan ketika menyapa satu demi satu sudut gedung ini. Meski gelap, tapi ternyata tidak sampai membuat bulu kuduk berdiri. Mungkin juga karena ramainya suasana di Lawang Sewu yang kini memang dibuka untuk dikunjungi umum.

Salah satu lokasi di Lawang Sewu yang menarik perhatian pengunjung adalah ruangan bawah tanah yang berfungsi sebagai saluran air. Tak menunggu lama, kami juga mencoba melihat seperti apa suasana di ruang bawah tanah ini.

Dulu gorong-gorong bawah tanah ini juga digunakan sebagai penjara. Tak terbayang rasanya jika harus merasakan jadi tawanan yang dipenjara di lorong gelap penuh air dan berhawa pengap seperti ini. Gorong-gorong bawah tanah jadi tujuan terakhir kami dan kelompok Semarangker menjelajah Lawang Sewu sebelum ke tujuan selanjutnya. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.