Mengintip Dinasti Politik Ratu Atut

  • Peristiwa
  • 0
  • 04 Okt 2013 11:59
Adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan resmi ditahan dan digelandang ke rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sang kakak pun dicegah bepergian ke luar negeri oleh KPK sejak Kamis 3 Oktober kemarin. Wawan diduga menyuap Ketua MK Akil Mochtar terkait perkara sengketa Pilkada Lebak, Banten.

Penangkapan ini semakin menguatkan dugaan korupsi dalam dinasti politik yang dibangun Ratu Atut. Bicara soal dinasti, sudah menjadi cerita lama sejumlah anggota keluarga Ratu Atut tercatat menduduki posisi strategis di lingkungan Pemprov Banten dan juga di lembaga legislatif, baik di tingkat provinsi maupun pusat.

Pengamat politik dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Ikhsan Ahmad pernah menyatakan, demokrasi yang berjalan di Banten merupakan hal yang normal, sama seperti demokrasi yang berjalan di tempat lain. Sistem yang dibangun di provinsi yang baru berdiri pada itu dinilai sesuai prosedur dan legal.

Ikhsan menilai, penguasaan sumber daya pembangunan dan keuangan masyarakat di Banten dikelola secara patron klien. Patron klien adalah interaksi antara seseorang yang berstatus sosial-ekonomi tinggi dengan mereka yang statusnya lebih rendah.

"Hal ini membuat semua desentralisasi dijalankan secara sentralistik (terpusat), keberadaan wakil rakyat menjadi wakil keluarga dalam dinasti politik melalui pengerdilan parpol serta demokrasi berjalan di atas rel model paling mutakhir dari bentuk tirani materialistik," ucap Ikhsan, Kamis 25 Juli lalu.

Berikut anggota keluarga Ratu Atut yang menduduki posisi strategis:

1. Suami Ratu Atut, Hikmat Tomet merupakan Ketua DPD Partai Golkar Banten. Kini duduk sebagai anggota Komisi V DPR. Hikmat kembali mengikuti pencalegan untuk Pemilu 2014 dari dapil Banten 2 (Kabupaten Serang, Kota Serang dan kota Cilegon)
2. Anak pertama Ratu Atut, Andika Hazrumy berstatus anggota DPD yang kini mencalonkan diri sebagai anggota DPR di dapil Pandeglang-Lebak.
3. Adik Andika, yakni Andiara Aprilia Hikmat kini mencalonkan diri sebagai anggota DPD
4. Menantu Ratu Atut, istri Andika, yakni Ade Rosi Khaerunissa menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Serang. Dia pun mendaftar sebagai caleg DPRD Banten dari Partai Golkar
5. Kakak kandung Ratu Atut, Tatu Chasanah merupakan Wakil Bupati Serang
6. Kakak tiri Ratu Atut, Haerul Jaman adalah Walikota Serang
7. Adik ipar Ratu Atut, Airin Rachmi Diany merupakan Walikota Tangerang Selatan
8. Ibu tiri Ratu Atut, Heryani menjabat sebagai Bupati Pandeglang.

(Rmn/Ism)

(Rochmanuddin)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler