Sukses

Ganja di Ruang Akil Mochtar, MK: Kami Tak Pernah Tes Urine

MK akan memastikan kebenaran dugaan penemuan beberapa linting ganja saat menggeledah ruang kerja Akil.

Mahkamah Konstitusi tidak akan gegabah melaporkan Akil Mochtar ke polisi terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. MK akan memastikan kebenaran dugaan penemuan beberapa linting ganja saat menggeledah ruang kerja Akil.

"Tidaklah (lapor polisi), jangan andai-andai dulu. Nanti kami cari tahu yang benar," kata Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva di kantornya, Jakarta, Jumat (4/10/2013). Hamdan mengaku akan melakukan pembicaraan di internal internal MK soal dugaan ini.

Menurut Hamdan, selama ini di MK memang tidak pernah melakukan tes urine. Namun, Hakim MK secara rutin melakukan cek kesehatan. "Tidak pernah (tes urine), untuk apa saya tes urine," kata mantan politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini.

"Saya cek kesehatan rutin tiap 6 bulan, biasa saja hasilnya, tidak ada apa-apa. Hakim lain ada general check up tiap tahun. Saya yakin, Insya Allah tidak ada (yang positif narkoba)," tambah Hamdan.

Sebelumnya, saat melakukan penggeledahan di ruang kerja Akil Mochtar di Gedung MK pada Kamis 3 Oktober, penyidik KPK menemukan 4 linting ganja. Namun, saat ditanya soal temuan ini, Juru Bicara KPK Johan Budi enggan memberikan keterangan lebih jauh. "Nanti saya cek," kata Johan.

Akil Mochtar ditangkap KPK pada Rabu 2 Oktober sekitar pukul 22.00 WIB di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra III Nomor 7, Jakarta Selatan. Akil saat ini sudah berstatus tersangka karena diduga menerima suap terkair penanganan sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Kabupaten Lebak, Banten. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini