Sukses

Kurangi Dampak Banjir, Giliran Waduk Tomang Dikeruk

Selain ketiga waduk itu, Dinas PU DKI juga akan melakukan pengerukan pada 12 waduk lainnya beserta situ Jakarta.

Satu per satu waduk Jakarta dikembalikan fungsinya. Setelah Waduk Pluit, Jakarta Utara, dan Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, sekarang giliran Waduk Tomang di Jakarta Barat yang akan dinormalisasi.

Dana sebesar Rp 2 miliar dari APBD DKI dikucurkan untuk membenahi Waduk Tomang. Pengerjaannya telah dimulai sejak Rabu 2 Oktober 2013. Seluruh dana akan digunakan untuk normalisasi karena tak ada warga yang harus direlokasi. Karena itu pengerjaan Waduk Tomang diharapkan dapat selesai secepatnya.

"Sekitar Rp 2 miliar, cuma pengerukan endapan lumpur untuk tambah kapasitas daya tampung air sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak banjir," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudi Siahaan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (4/10/2013).

"Pengerukan sudah dimulai. Hari ini masuk alat berat eskavator. Target rampung secepatnya sekitar 1 bulan," imbuhnya. Target pengerjaan dipasang untuk menghindari potensi curah hujan yang cukup tinggi pada Desember-Januari mendatang.

Selain ketiga waduk itu, Dinas PU DKI juga akan melakukan pengerukan pada 12 waduk lain dan sejumlah situ yang ditargetkan selesai hingga akhir Desember 2013. Di antaranya, yakni Waduk Bojong, Waduk Sunter, Waduk Teluk Gong, Situ Lembang, Waduk Melati, Waduk Rawa Babon.

Kemudian ada pula Waduk Pedongkelan, Waduk Cengkareng, Waduk Grogol, Waduk Don Bosco, Waduk Pegangsaan 2, Waduk Bujana Tirta. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini