Sukses

Kapal Terbalik dan Terbakar di Italia, 88 Orang Tewas

Kapal tersebut dilaporkan membawa 500 imigran dari Afrika. Ratusan orang masih dinyatakan hilang.

Musibah kecelakaan kapal terjadi di perairan Pulau Lampedusa, Italia. Setidaknya 88 orang, termasuk seorang perempuan hamil dan dua anak akibat kapal yang terbalik dan terbakar di sana.

Seperti dimuat CNN, Kamis (3/10/2013), penjaga pantai Italia sejauh ini baru menyelamatkan 163 orang. Operasi penyelamatan masih terus dilakukan. Sebab, kapal tersebut dilaporkan membawa 500 imigran dari Afrika. Ratusan orang masih dinyatakan hilang.

"Apa yang terjadi di Lampedusa adalah tragedi besar...yang tak tertahankan bagi manusia," kata Menteri Transportasi Italia, Maurizio Lupi, seperti dimuat BBC hari ini.

Walikota Lampedusa, Giusi Nicolini, mendeskripsikan lokasi kejadian sebagai "horor yang berkelanjutan."

Saat seperti ini, di mana Laut Mediterania relatif tenang, kapal yang mengangkut imigran dan Afrika dan Timur Tengah berlabuh di pantai selatan Italia hampir setiap hari.

Kapal-kapal tersebut seringkali penuh sesak dan tak layak berlayar di lautan. Selama bertahun-tahun banyak orang tewas karena kapal yang mereka tumpangi tenggelam.

Sementara, laporan PBB menyebut, 500 orang dilaporkan hilang di laut selama 2012, saat berupaya mencari Eropa. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.