Sukses

Belum Jadi Tersangka, Akil Mochtar Diperiksa Intensif KPK

Selain Ketua MK Akil Mochtar, KPK juga memeriksa 4 orang lainnya yang juga ditangkap KPK. Mereka berinisial HB, DH, CHN dan CH.

Sejak dicokok dalam operasi tangkap tangkap (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar masih menjalani pemeriksaan intensif hingga saat ini.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, saat ini Akil masih menjalani pemeriksaan tim penyidik KPK. Namun, penyidik belum menyimpulkan status Akil apakah akan menjadi tersangka atau tidak.

“Belum, karena masih terus dilakukan pemeriksaan intensif,” kata Abraham dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (3/10/2013).

Selain Akil, KPK juga memeriksa 4 orang lainnya yang juga ditangkap KPK di tempat berbeda. Keempatnya yakni  CHN sebagai anggota DPR RI, CN seorang pengusaha, Bupati Gunung Mas HB dan DH dari pihak swasta.

Diketahui, Akil bersama CHN dan CN ditangkap KPK di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chadra III, Nomor 7, Jakarta Selatan, Rabu 2 Oktober 2013 malam. Sementara HB dan DH ditangkap di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat.

Bersamaan dengan penangkapan ini, KPK menyita sejumlah uang dalam bentuk dollar Singapura atau sekitar Rp 2-3 miliar. Diduga, CHN dan CN memberikan uang ini kepada Akil di kediamannya malam itu.

Pemberian uang itu diduga berkaitan dengan pengurusan perkara sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, di MK. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini