Sukses

SBY: Penangkapan Akil Mochtar Jangan Dibelokkan ke Politik

SBY meminta penangkapan Ketua MK Akil Mochtar ditegakkan secara hukum, dan jangan dicampuradukkan antara politik dan hukum.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar ditangkap KPK saat diduga menerima suap terkait sengketa Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Presiden SBY pun meminta penangkapan Akil tak dibelokkan ke urusan politik.

"Peritiwa tadi malam ini adalah kasus hukum. Saya melihatnya bukan politik," ujar SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

SBY meminta agar masalah hukum ditegakan secara hukum, dan jangan dicampuradukkan antara politik dan hukum, begitu juga sebaliknya.

"Jangan dibelokan ke politik, tidak mendidik, dan merusak. Saya yakin penegak hukum tahu mana yang hukum dan politik," tegas SBY.

KPK mengakap Akil Mochtar di rumah dinasnya saat menerima uang dalam sebuah karung terkait sengketa Pilkada yang ditangani MK. Akil Mochtar ditangkap bersama anggota DPR berinisial CHN, seorang pengusaha CH, dan seorang kepala daerah HB, dan pihak swasta DH. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini