Sukses

Harta Akil Mochtar Turun Rp 3 Miliar Lebih

Berapa sebenarnya harta kekayaan pria kelahiran Putussibau, Kalimantan Barat 18 Oktober 1960 itu?

Ketua MK Akil Mochtar ditangkap KPK atas dugaan suap kasus sengketa pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Barang bukti yang disita berupa uang dollar Singapura senilai Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar. Berapa sebenarnya harta kekayaan pria kelahiran Putussibau, Kalimantan Barat, 18 Oktober 1960 itu?

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, mantan politisi Golkar itu memiliki total harta Rp 5,19 miliar pada 3 Januari 2011. Jumlah ini justru menurun sekitar Rp 3 miliar lebih dari laporan sebelumnya 3 Desember 2006.

Pada 2006 itu, harta kekayaan Akil Mochtar mencapai Rp 8,4 miliar ditambah US$ 194.257. Pada laporan terakhir, Akil memiliki giro dan setara kas lain sekitar Rp 2,2 miliar. Jumlah ini menurun karena pada Desember 2006 nilainya mencapai Rp 5,5 miliar.

Untuk nilai harta bergerak, logam mulia, batu mulia, dan benda seni yang dimiliki Akil mencapai Rp 451 juta. Nilai ini juga turun dibanding laporan sebelumnya Rp 509 juta. Akil juga tercatat memiliki usaha peterkanan, perkebunan, dan sejenisnya.

Dengan menjabat posisi tertinggi Hakim MK, Akil memiliki pendapatan berkisar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta per bulan. Dalam operasi yang dilakukan di kompleks perumahan menteri tersebut, penyidik KPK mendapati uang dalam bentuk dolar Singapura.

"Di kompleks Widya Chandra, penyidik mendapati uang dalam bentuk dolar Singapura. Perkiraan sementara, karena harus hitung secara akurat, kalau dirupiahkan sekitar Rp 2-3 miliar," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi SP dalam jumpa pers di KPK, Kamis dini hari tadi. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.