MK Minta Mahfud MD Terlibat dalam Sidang Etik Akil Mochtar

on

Mahkamah Konstitusi (MK) dalam kemelut setelah Ketua MK Akil Mochtar ditangkap KPK.

Penangkapan itu pun membuat MK akan menggelar sidang etik yang dipimpin Majelis Kehormatan Konstitusi. Mantan Ketua MK Mahfud MD diminta menjadi anggotanya.

"Begini Pak Mahfud, mohon kesediaan menjadi Majelis Kehormatan Konstitusi. Nanti dihubungi kembali lagi, Pak," ujar Sekjen MK Janedjri M Gaffar saat menelepon Mahfud yang direkam Liputan6.com, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Terkait sidang etik untuk Akil Mochtar, tidak menunggu status resmi dari KPK. Janedjri mengatakan sidang etik akan berlangsung besok. "Jumat ya, jam 2 siang," katanya.

Pada Rabu 2 Oktober, sekitar pukul 22.00 WIB, KPK menangkap 5 orang dalam operasi tangkap tangan. Mereka adalah Ketua MK Akil Mochtar, anggota DPR berinisial CHN dan pengusaha CN. Secara terpisah, KPK menangkap calon Bupati Gunung Mas Kalimantan Tengah HB dan DH.

Akil Mochtar diduga terlibat dalam kasus sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Saat ditangkap, ada barang bukti berupa uang 2-3 miliar dalam kurs dollar Singapura.

Akil ditangkap oleh penyidik KPK saat menerima tamu di rumahnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Kini, ruang kerja dan ruang staf Akil Mochtar disegel oleh garis KPK berwarna merah. Penggeledahan kemungkinan dilaksanakan hari ini. Mobil dinas Akil pun disita.

Sebagai Ketua MK, Akil memperoleh gaji  cukup besar, berkisar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta. (Yus)

Credit Yus Ariyanto

Suka artikel ini?
Silvanus Alvin
Silvanus Alvin

  Full bio »

0 Comments