Sukses

Gaji Ketua MK Rp 30-40 Juta per Bulan

"Ada juga uang sidang yang kisarannya Rp 200 ribu per sidang. Kalau 5 kali dalam sehari ya Rp 1 juta," kata Janedjri.

Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu malam. Selain itu anggota DPR CHN dan calon bupati Gunung Mas Kalimantan Tengah HB juga tertangkap dengan barang bukti berupa uang sekitar Rp 2-3 miliar dalam kurs dolar Singapura.

Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) Janedjri M Gaffar mengungkapkan, gaji yang diperoleh Akil cukup besar ditambah dengan dana tunjangan jabatan.

"Berkisar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta per bulan. Tergantung banyaknya sidang perkara," ujar Janedjri di Gedung MK, Kamis (3/10/2013).

Ia menambahkan untuk setiap sidang perkara di MK, hakim yang masuk dalam tim sidang juga memperoleh dana sekitar Rp 200 ribu. Angka itu bahkan bisa mencapai angka jutaan apabila dalam sehari atau sepekan digelar beberapa kali.

"Ada juga uang sidang yang kisarannya Rp 200 ribu per sidang. Kalau 5 kali dalam sehari ya Rp 1 juta," kata Janedjri.

Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga peradilan tinggi yang menangani gugatan pemilu dan uji materi dalam sehari menggelar sidang hingga lebih dari 5 kali. Sebab terdapat banyak perkara sengketa pilkada dan perkara uji materi yang masuk di MK. (Tya/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.