Sukses

Indonesia-China Sepakat Kerjasama di Bidang Antariksa

Presiden SBY menerima kedatangan Presiden China Xi Jinping di Istana Negara, Jakarta.

Presiden SBY menerima kedatangan Presiden China Xi Jinping di Istana Negara, Jakarta. Kedua pemimpin negara itu sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang antara Indonesia-China, salah satunya antariksa.

Keduanya menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepakatan dalam berbagai bidang, antara lain pariwisata, perikanan, meteorologi geofisika, dan klimatologi, perekonomian, pembangunan, dan pemanfaatan ruang angkasa untuk perdamaian.

"Kami sepakat meluaskan cakupan kerja sama dan kemitraan seluas-luasnya di berbagai bidang, baik bilateral, kawasan, dan dunia. Demikian pula di bidang maritim, pertahanan, antariksa, dan penanggulangan bencana alam, serta pariwisata akan ditingkatkan," kata Presiden SBY di Ruangan Kredensial Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

"Ini adalah tonggak sejarah. Setelah 8 tahun yang lalu Indonesia dan Tiongkok meningkatkan kerja sama dalam bentuk kemitraan strategis. Delapan tahun kemudian, hubungan meningkat pesat dan mengukir tonggak sejarah baru," imbuhnya.

Tak cuma itu, Presiden SBY menuturkan, bersama Xi Jinping, mereka juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang perindustrian, transportasi, energi, keuangan, dan investasi. Xi Jinping juga berjanji akan meningkatkan perdagangan dan investasi Negeri Tirai Bambu itu di Indonesia. Nilai investasi China yang sebesar US$ 510 juta bakal ditambah.

"Investasi Tiongkok yang meningkat di Indonesia kami sambut baik, apalagi Presiden Xi Jinping membawa delegasi bisnis yang besar," ujar SBY. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.