Sukses

[VIDEO] AS Shutdown! Ratusan Ribu Pegawai Dirumahkan

Peristiwa ini merupakan yang pertama kalinya dalam 17 tahun terakhir.

Pemerintah Amerika Serikat menutup kantor layanan pemerintah atau dikenal dengan istilah 'shutdown.' Ini adalah buntut konflik Presiden Obama dengan kubu Republika terkait program kesehatan. Peristiwa ini merupakan yang pertama kalinya dalam 17 tahun terakhir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (2/10/2013), kegagalan kesepakatan rapat anggaran Federal AS berbuntut panjang. Negara yang dipimpin Obama ini terpaksa melakukan penutupan sebagian layanan pemerintahan non-esensial.

Penutupan pemerintahan ini membuat sekitar 800 ribu pegawai AS dirumahkan dan terancam tak dibayar. Taman-taman nasional, museum, Gedung Federal serta pelayanan umum seperti pembuatan paspor dan visa ditutup sementara.

Bahkan sebagian karyawan Gedung Putih kemungkinan juga akan dirumahkan. Namun guru, pemadam kebakaran dan dokter tetap akan bekerja seperti biasa.

Presiden Barack Obama menyalahkan kubu Republik yang terus menentang program kesehatan Obama sebagai biang keladi kegagalan ini. Obama juga mengimbau para anggota parlemen agar segera memberikan suara agar pemerintahan bisa kembali beroperasi dengan normal.

Perlawanan dari Partai Republik digawangi Senator asal Texas Ted Cruz yang bahkan berpidato selama 21 jam lebih di senat AS guna mengulur waktu agar melebihi tenggat pengesahan UU Kesehatan yang dikenal dengan istilah Obamacare. (Riz/Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini