Sukses

Selain Temui SBY, Presiden China Bakal Pidato di DPR

Ini merupakan kali pertama pemimpin asing berpidato di Gedung DPR/MPR/DPD RI.

Presiden China Xi Jinping akan menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, petang nanti. Kemudian Pemimpin Negeri Tirai Bambu itu dijadwalkan akan berpidato di DPR/MPR/DPD RI pada Kamis 3 Oktober besok. Ini merupakan kali pertama pemimpin asing berpidato di Gedung Parlemen Indonesia.

Di Indonesia, Xi Jinping mempunyai jadwal yang cukup padat. Selain bertemu SBY dan berpidato di DPR, ia akan membuka pameran foto gabungan bertajuk Persahabatan Indonesia Tiongkok, untuk menandai 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Pameran tersebut akan digelar di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, mulai 3 hingga 10 Oktober 2013.

Pameran yang diselenggarakan atas kerja sama LKBN Antara dan Kantor Berita Xinhua itu akan memajang 70 foto karya kedua kantor berita. Salah satu foto unggulan dalam pameran ini adalah foto Presiden Soekarno saat bertemu dengan Pemimpin RRT Mao Tse-tung.

Pertemuan dengan SBY

Xi Jinping yang datang bersama Ibu Negara Peng Liyuan dijadwalkan bertemu SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Istana Merdeka, Selasa (2/10/2013) pukul 15.30 WIB.

SBY dan Xi Jinping juga direncanakan melakukan pembicaraan bilateral dan menandatangani sejumlah kesepakatan dalam pertemuan ini.

Menurut Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, dalam pertemuan bilateral antara SBY dan Xi Jinping akan dibahas isu-isu yang menjadi prioritas bersama sesuai dengan kerangka Kemitraan Strategis yang dicetuskan pada 2005.

Bidang-bidang yang diprioritaskan dalam kemitraan tersebut di antaranya meliputi kerja sama ekonomi dan pembangunan, pertahanan dan keamanan, maritim dan perikanan.

"Selain itu, kedua pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama, termasuk kerja sama di forum East Asia Summit, APEC, dan PBB," urai Faizasyah. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.