Sukses

Jokowi: Pasar Malam PKL Medan Merdeka Akan Dikopi ke Daerah Lain

Jokowi menjelaskan, tujuan digelarnya pasar malam tersebut untuk menghidupkan para PKL yang jumlahnya sangat banyak di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan pelaksanaan Kaki Lima Night Market di Jalan Medan Merdeka Selatan akan menjadi percontohan lokasi berjualan PKL yang tertata dengan baik. Jika sudah berhasil, akan diterapkan di wilayah lain.

"Satu-satu dulu, dicoba, dikoreksi, lalu dievaluasi, baru dikopi ke wilayah yang lain. Kita lihat nanti malam Minggulah, nunggu malam Minggu saja kok ndak sabar," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, (1/10/2013).

Jokowi menjelaskan, tujuan digelarnya pasar malam tersebut untuk menghidupkan para PKL yang jumlahnya sangat banyak di Jakarta. Selain itu, dengan pasar malam ini, Pemprov DKI ingin menjadikan PKL tersebut lebih tertata dengan baik.

"Ya menghidupkan usaha-usaha kecil, usaha mikro, usaha RT, usaha PKL yang lebih di-manage. Ini kan kita kelola denga cara-cara yang baik. Mereka biar belajar di situ, bagaimana melayani pembeli, dikasih training, diberi uniform, tendanya pun tertata," ujarnya.

Menurut Jokowi, peserta pasar malam ini adalah PKL yang biasa berjualan di pasar ataupun pusat-pusat keramaian yang selama ini menjadi biang kemacetan, seperti Pasar Minggu, Kebayoran, dan ada juga yang berasal dari Pasar Blok G Tanah Abang.

Namun, tambah dia, tidak semua PKL dari wilayah-wilayah itu bisa menjadi peserta pasar malam karena terbatasnya tempat. PKL yang akan mengikuti pasar malam akan diseleksi terlebih dahulu.

"Dari semua wilayah di Jakarta Barat, Timur, Selatan, semuanya diseleksi, di Tanah Abang juga ada diseleksi ada 20 yang diambil, Blok G juga diseleksi, yang lain juga sebagai pembanding, ndak apa-apa, nanti dilihat malam Minggu," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Energi dan Perindustrian DKI Andi Baso mengungkapkan, Pasar Malam PKL di Jakarta akan digelar pada Sabtu 5 Oktober mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat.

Peserta yang akan mengikuti Night Market berjumlah sekitar 400 pedagang. Untuk non-kuliner, Jakarta Selatan 52 PKL, Jakarta Pusat 51, Jakarta Timur 16 PKL, Jakarta Barat 31 PKL, dan Jakarta Utara 53 PKL. Sisanya 197 merupakan pedagang kuliner. PKL binaan Dinas KUMKM menempati Jalan Medan Merdeka Selatan dan PKL bukan binaan ditempatkan di Jalan Agus Salim.

Dalam acara ini juga akan ada Pojok Betawi yang menyediakan makanan khas Betawi seperti laksa penganten, bubur ase, toge goreng, laksa, gabus pucung, pecak gurame, soto tangkar, nasi ulam, nasi uduk, pecak lele, asinan betawi, ketupat babanci, lelawar gantung, kue kering betawi, kue rangi, kue jongkong, kue putu mayang dan kerak telor. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.