Sukses

Luas Waduk Tomang Tak Berkurang, Warga Tak Direlokasi

Menurut Operator Pompa Tomang Barat, Agus SP tak ada pengurangan luas waduk sebesar 6 hektar itu oleh pemukiman warga.

Dalam penataan Waduk Pluit ataupun Waduk Ria Rio, warga yang tinggal di bantaran waduk direlokasi. Namun, dalam penataan Waduk Tomang Barat diprediksi tak akan dilakukan penggusuran dan relokasi terhadap warga.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (1/10/2013), tak ada lahan waduk yang ditempati secara liar oleh para warga. Menurut Operator Pompa Tomang Barat, Agus SP tak ada pengurangan luas waduk sebesar 6 hektar itu oleh pemukiman warga.

"Di sini sih, sudah ada pembatas antara waduk dan rumah warga. Lahan waduk nggak ada yang berkurang," kata Agus.

Di sekitar Waduk Tomang Barat memang terdapat perumahan tempat tinggal warga. Perumahan warga itu merupakan kompleks perumahan karyawan Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut salah satu warga yang tinggal di sekitaran waduk, Pardjono (61), belum ada informasi mengenai adanya relokasi warga terkait penataan Waduk Tomang Barat.

"Secara logika nggak. Kalau saya rasa, di sini sudah tertata sedemikian rupa. Juga di sini kita tempati rumah dinas," ujar Pardjono.

Meski begitu, jika nantinya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merelokasi warga sekitar Waduk Tomang Barat untuk keperluan penataan Waduk, Pardjono mengaku siap untuk direlokasi.

"Andai kata kalau mau direlokasi tergantung pemerintah. Kita sih ikutin saja," tambah Pardjono. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini