Sukses

Lurah Susan Dipindah? Mendagri: Terserah Jokowi Saja deh

Mendagri Gamawan menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur Jokowi soal nasib Lurah Susan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berubah sikap terkait kisruh penolakan Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine Zulkifli. Awalnya Gamawan meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk memindahkan Lurah Susan, tapi kini berbeda. Gamawan menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi soal nasib Susan.

"Terserah Pak Gubernur saja deh bagaimana baiknya," ucap Gamawan usai mengikuti upacara hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa, (1/10/2013).

Gamawan yang merupakan mantan Gubernur Sumatera Barat ini pun menyarankan wartawan untuk menanyakan nasib Lurah Susan kepada Gubernur Jokowi. "Sebaiknya tanya ke Gubernur," ujarnya.

Sebelumnya, Gamawan meminta Jokowi mempertimbangkan untuk memindahkan Lurah Susan karena mendapat penolakan warganya.

"Pak Gubernur tidak salah menempatkan itu, tidak ada undang-undang yang terlanggar. Tapi akan lebih bijak lagi kalo Susan ditempatkan yang di-nonmuslim juga. Artinya aspirasi masyarakat terpenuhi," ujar Gamawan.

Namun Jokowi menolak untuk memindahkan Susan saat ini. Mantan Walikota Solo itu mengatakan akan mengevaluasi lurah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, setelah 6 bulan Susan menjabat sebagai lurah.

"Ya akan kita evaluasi. Tapi 6 bulan setelah lurah menjabat akan kita evaluasi," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, 27 September lalu. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini