Sukses

Persiapan Seadanya, SDN 2 Legok Nekat Ikut Lomba Perpustakaan

SDN Ciangir 2 Legok mendapatkan kepercayaan mewakili Kecamatan Legok untuk mengikuti lomba perpustakaan sekolah se-Kabupaten Tangerang.

Citizen6, Tangerang: SDN Ciangir 2 Legok mendapatkan kepercayaan mewakili Kecamatan Legok untuk mengikuti lomba perpustakaan (perpus) sekolah se-Kabupaten Tangerang, Banten.
 
Tapi karena baru memiliki gedung dan tak memiliki pengelola berkeahlian khusus, sekolah itu mengikuti kegiatan Dinas Pendidikan 2013 itu seadanya.

Suratman selaku kepala sekolah mengakui, dirinya tidak begitu memahami tata kelola perpustakaan. Meski demikian, dirinya tetap mempersiapkan perpustakaan sekolah yang dipimpinnya sebaik mungkin. Bersama para guru dan murid, ia berusaha melengkapi perpustakaan sekolah dari pagi hingga sore sejak beberapa hari menjelang lomba, sebagai persiapan acara lomba perpustakaan yang akan digelar pada Rabu, 3 Oktober 2013.

"Sejak perpustakaan sekolah kami dibangun tahun lalu, belum memiliki tenaga perpus khusus. Sedangkan guru pun belum pernah mendapatkan pelatihan khusus dalam hal perpustakaan. Buku-buku yang ada masih sebatas pelajaran sekolah, karena tidak memiliki anggaran untuk membeli buku lain. Selama ini, pengunjungnya hanya murid yang datang untuk membaca buku teks yang ada," ungkap Suratman, Senin, 30 September 2013.

Dengan pengetahuan seadanya, demi meraih prestasi Suratman pun nekat mengikuti model perpustakaan yang ia tiru dari buku tentang perpustakaan, yang dipinjamnya dari sekolah lain. Tak hanya itu saja, dirinya juga tak segan mengeluarkan sedikitnya Rp 500 ribu untuk merapikan ruangan, pembelian kertas-kertas untuk hiasan, dan biaya fotokopi pembuatan kartu perpustakaan.

"Kami tidak mempunyai anggaran khusus untuk perpustakaan. Namun, dengan kemampuan seadanya kami siap berlomba untuk menang mengenai manajemen perpustakaan, kesiapan gedung dan perabot, administrasi, penataan hingga menarik partisipasi pengunjungnya," tekad Suratman. (Edy Syahputra Tanjung/Mar)

Edy Syahputra Tanjung adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.










* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.