Sukses

[VIDEO] Jelang Puncak Haji, Renovasi Masjidil Haram Dikebut

Para pekerja mempercepat renovasi bagian dalam Masjidil Haram dengan sejumlah alat berat.

Renovasi Masjidil Haram di Makkah al Mukarramah bukan saja dilakukan di bagian sisi dan belakang masjid, melainkan juga di dalam masjid yang hanya berjarak beberapa meter dari Ka'bah. Pihak Kerajaan Arab Saudi menggunakan alat berat untuk mempercepat pekerjaan pembaikan lantai dasar.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (1/10/2013), sejumlah alat berat digunakan dengan harapan renovasi bagian lantai Masjidil Haram tidak terlalu lama sehingga tidak mengganggu kekusukan jamaah dalam menjalankan ritual haji 15 Oktober mendatang. Kesibukan pekerja untuk memperbaiki saluran air di bawah tanah masjid masih terus berlangsung.

Pekerjaan yang mereka lakukan bersamaan pula dengan jutaan umat Islam yang tetap khusyuk melaksanakan salat 5 waktu. Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memangkas jumlah jemaah haji di seluruh dunia sebesar 20 persen. Termasuk kouta calon jemaah haji Indonesia dari 200 ribu menjadi 160 ribu. Jumlah tersebut sudah termasuk pemotongan terhadap 40 ribu calon jamaah haji ONH Plus. Pemotongan kuota ONH plus juga dialami Maktour yang hanya memberangkatkan sekitar 200 jemaah.

Pemotongan kuota haji tersebut memberikan dampak positif terhadap kekhusyukan jemaah dalam menjalankan ibadah haji karena jumlah jemaah tahun ini tidak sebanyak tahun sebelumnya. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.