Sukses

Ditolak, Ruhut Tetap Diajukan Demokrat Sebagai Ketua Komisi III

"Sudah berikan saja kesempatan, toh dia kan anggota Komisi III juga," kata Jafar Hafsah.

Fraksi Partai Demokrat tidak akan mengajukan nama selain Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR menggantikan Gede Pasek Suardika. Anggota Komisi III diminta menghormati keputusan ini.

Menurut Ketua DPP Demokrat bidang Kesejahteraan Rakyat Jafar Hafsah, jika Demokrat mengganti Ruhut dengan nama lain justru akan menjadi preseden buruk, karena tidak ada yang salah dengan penunjukan Ruhut.

"Sudah berikan saja kesempatan, toh dia kan anggota Komisi III juga. Dia sudah lama di situ, berpengalaman. Kasih dia waktu, kesempatan. Yakin mampu," kata Jafar di Jakarta, Senin (30/9/2013).

Jafar menambahkan, penunjukan Ruhut itu merupakan hak Demokrat. Lagi pula, sesuai dengan kesepakatan fraksi-fraksi, kursi ketua Komisi III memang menjadi milik partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono itu.

"Karena Demokrat kebetulan partai terbesar, maka mendapatkan 3 ketua dan 14 wakil ketua di semua alat kelengkapan DPR. Nah khusus Komisi III, X, dan satu komisi lagi saya lupa, Demokrat dapat ketua," ujar Jafar.

Sebelumnya, pleno pelantikan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III yang digelar minggu lalu ditunda. Sebab, banyak anggota Komisi III yang menolak sosok Ruhut. Mereka yang menolak menilai Ruhut tidak layak memimpin komisi bidang hukum tersebut. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini