Sukses

Jokowi Siap Gelar MotoGP di Jakarta

"Tadi dibisiki oleh Bu Marie, rencananya ke depan Beliau mau mengadakan grand prix di Jakarta," kata Jokowi.

Jokowi tidak hanya akan menggelar International Jakarta Marathon pada 27 Oktober mendatang. Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu memiliki wacana untuk menggelar kejuaraan otomotif grand prix di Ibukota. Wacana itu dilontarkan Jokowi setelah bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu.

"Tadi dibisiki oleh Bu Marie, rencananya ke depan Beliau mau mengadakan grand prix di Jakarta. Saya bilang nggak apa-apa di Jakarta, saya yang menyelenggarakan, dibantu Bu Marie. Pokoknya, lu jual gue beli," ujar Jokowi dalam konferensi pers Jakarta Marathon 2013 di Silang Monas, Jakarta Pusat (30/9/2013).

Untuk menyelenggarakan kegiatan sekelas grand prix, Pemprov DKI tidak bisa bergerak sendiri. Biaya yang tinggi juga dibutuhkan untuk menggelar acara bertaraf internasional seperti itu. Belum lagi sejumlah persyaratan yang rumit harus dipenuhi untuk menggelar grand prix. Namun, Jokowi mengatakan faktor-faktor tersebut tidak akan menjadi penghalang.

Pelaksanaan grand prix, kata Jokowi, akan menempatkan Jakarta sebagai salah satu tujuan pariwisata olahraga di dunia, seperti Tour de France dan Paris Marathon di Prancis, Rally Dakkar di Senegal atau Marina Bay di Singapura yang menjadi salah satu pelaksanaan kejuaraan grand prix.

"Memang ini butuh biaya besar, tapi efek positifnya bagi kota dalam jangka waktu yang panjang cukup baik. Ini adalah sport tourism, supaya bisa mempopulerkan Jakarta di mata Internasional," tutur Jokowi.

Terkait dengan rencana Jokowi itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman mengaku belum ada pembicaraan khusus terkait wacana Jakarta menjadi tuan rumah grand prix itu.

Menurutnya, banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh Jakarta untuk menggelar kejuaraan otomotif tingkat dunia tersebut. "Pastinya kita harus melihat apakah memenuhi persyaratan. Harus kita lihat dulu dari sisi persyaratan teknis, dari sirkuit dan lain-lainnya," kata dia.

Menurutnya, melihat infrastruktur yang dimilik Jakarta, yang paling mungkinkan adalah menggelar kejuaraan MotoGP. "Grand prix itu yang memungkinkan MotoGP, kalau Formula 1 masih jauh. Kan nggak harus sirkuit, menarik juga kalau di jalan, kayak di Monaco, Singapura. Formula 1 di jalan di Jakarta bisa juga, tapi bukan F1," tutur Arie. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini