Sukses

Menag Suryadharma Usulkan 3 Januari Jadi Hari Kerukunan Agama

Suryadharma Ali optimistis, masih ada harapan agar semua warga Indonesia, apapun agamanya, dapat hidup harmonis satu sama lain.

Para pemuka lintas agama di Indonesia, seperti ustad, kiai, pendeta, romo, pastur, dan biksu diharapkan dapat berjalan bersama dan bergandengan tangan. Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali pun mengusulkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang jatuh pada 3 Januari ditetapkan sebagai Hari Kerukunan Beragama.

"Kerukunan beragama di negeri ini adalah yang terbaik di dunia. Karena itu, kami akan mengusulkan kepada Presiden SBY agar menetapkan setiap tanggal 3 Januari sebagai Hari Kerukunan Beragama," kata Ali seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Senin (30/9/2013).

Dia yakin, dengan menetapkan Hari Kerukunan Beragama, Indonesia bisa menjadi contoh bagi masyarakat internasional. Apalagi kita juga menjadikan setiap hari besar masing-masing agama menjadi hari libur nasional.

"Semua saling menghormati dan saling memberikan ucapan selamat hari raya," ujarnya.

Hadirnya konflik-konflik berlatar belakang keagamaan dinilainya sebagai hal wajar. Suryadharma pun optimistis, masih ada harapan agar semua warga Indonesia, apapun agamanya, dapat hidup harmonis satu sama lain.

"Konflik wajar, karena fitrah manusia diciptakan Tuhan sekaligus dengan sifat amarah. Di sinilah fungsi agama mengajarkan umat untuk mengatur dan mengendalikan emosinya. Sehingga kehidupan yang penuh warna bisa rukun, harmonis, dan sejahtera," pungkas Suryadharma. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini